March 6, 2022

Wedang Uwuh, Minuman Legendaris Warisan Keluarga Raja

Bila kita mengetahui arti kata ‘uwuh’ pastilah kita akan memikir ribuan kali untuk menikmati minuman ini, karena ‘uwuh’ berarti sampah. Namun tunggu dulu, ‘uwuh’ di sini artinya bukan sampah sembarangan, ‘uwuh’ di sini artinya sampah pepohonan, ranting yang kering, daun-daun yang gugur, dan batang pohon yang sudah tua. Jadi ‘uwuh’ atau sampah untuk Wedang Uwuh diartikan sampah alam Travellers.

Minuman ini khas dari daerah makam raja-raja Mataram yang letaknya di Imogiri, Bantul. Penyaji Wedang Uwuh mendapatkan bahan-bahan tersebut dari guguran rempah-rempah yang ada di bukit Imogiri. Dulu Wedang Uwuh ini minuman kalangan keluarga raja, namun seiring perkembangan jaman sekarang dapat kita temui di kalangan masyarakat.

Wedang Uwuh ini berwarna merah Travellers karena terdapat kayu secang yang menimbulkan warna merah. Selain itu ada bermacam-macam rempah-rempah yang menjadi komposisi Wedang Uwuh ini antara lain ranting dan daun cengkeh, kayu manis, daun pala, daun manis jangan, dan jahe, serta untuk pemanisnya adalah gula batu.

Dulu nama asli Wedang Uwuh aslinya adalah Jahe Cengkeh, namun kini popular dengan Wedang Uwuh, ya mungkin dulu pencetusnya punya misi go green.. Apapun itu namanya, namun minuman ini juga punya khasiat untuk masuk angin Travellers, karena rasa jahenya yang kuat berfungsi untuk menghangatkan badan.

Oke Travellers, bila berjalan-jalan menuju kawasan Imogiri mampir ya..

Paku Mas Hotel

Jl. Nogopuro No.35, Ambarukmo Yogyakarta
Phone : (0274) 489-089Whatsapp : 0818 489 089FAX : (0274) 489-089