July 1, 2024

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menikah

Sebelum menikah, ada beberapa aspek penting yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan Anda siap untuk langkah besar ini. Memperhatikan aspek-aspek ini dapat membantu Anda membangun fondasi yang kuat untuk pernikahan yang bahagia dan langgeng. Berikut adalah lima hal yang harus dipertimbangkan:

1. Kesamaan Visi dan Misi 

Memiliki tujuan dan nilai yang serupa akan membantu Anda berdua bekerja menuju masa depan yang sama. Kamu juga perlu membahas hal-hal yang lebih berat untuk dibicarakan agar tak menjadi bom waktu. Kamu harus membuka diri dan tidak mendahulukan ego karena pernikahan adalah sesuatu yang dijalankan bersama-sama.

2. Komitmen

Pastikan bahwa Anda berdua benar-benar berkomitmen satu sama lain dan siap untuk menghadapi suka dan duka bersama. Terdengar simpel namun merupakan fondasi utama dalam sebuah pernikahan. Ketika seseorang merasa lebih siap, maka berpengaruh terhadap komitmen psikologis yang mendorong mereka untuk memelihara hubungan.

3. Kesiapan Mental dan Finansial

Mungkin pada masa pacaran Anda merasa sudah mengenal pasangan dengan baik. Namun ketika memasuki kehidupan pernikahan akan menemukan berbagai perbedaan yang dapat menimbulkan konflik. Kesiapan untuk mengelola keuangan bersama dan kematangan emosional adalah kunci untuk hubungan yang sehat.

4. Mengenal Keluarga Besar Pasangan

Pernikahan bukan hanya tentang ikatan dua anak manusia yang sedang jatuh cinta saja. Pernikahan juga tentang ikatan kedua keluarga yakni keluarga mempelai pria dan keluarga mempelai perempuan. Hubungan baik dengan keluarga besar pasangan dapat mendukung pernikahan Anda dan membantu dalam mengatasi konflik.

5. Rencana Masa Depan

Diskusikan rencana masa depan, termasuk karir, anak-anak, dan tujuan hidup lainnya untuk memastikan bahwa Anda berdua memiliki ekspektasi yang sama. Topik ini mungkin sulit untuk dijawab dan masih sebatas prediksi. Namun, diskusi mengenai masalah ini merupakan hal penting untuk mengetahui tujuan kalian berumah tangga.

Jadi, pernikahan bukan hanya sekedar cinta semata. Banyak hal yang harus dipertimbangkan demi kebahagiaan Anda dan pasangan dalam jangka panjang.

Paku Mas Hotel

Jl. Nogopuro No.35, Ambarukmo Yogyakarta
Phone : (0274) 489-089Whatsapp : 0818 489 089FAX : (0274) 489-089