May 31, 2024

Surga Bakmi Jawa di Jogja: 6 Warung Favorit untuk Penggemar Makanan Khas Jogja

Sebagai salah satu kuliner yang paling dicari di Yogyakarta, bakmi Jawa telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya kuliner di kota ini. Dari rasanya yang gurih hingga aroma rempah yang khas, setiap suapan bakmi Jawa membawa kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya. Berikut kita akan menjelajahi tujuh warung bakmi Jawa favorit di Jogja yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta makanan tradisional.  Warung-warung ini adalah warung bakmi legendaris yang sayang untuk dilewatkan!

1. Mbah Gito: Warung Bakmi Jawa yang Legendaris

 

View this post on Instagram

 

A post shared by KULINER JOGJA (@jogjafood)

Di urutan pertama, kita punya Mbah Gito, sebuah warung bakmi Jawa yang sudah jadi legenda di Jogja. Mbah Gito terkenal dengan nuansa warungnya yang khas jawa dan rasa bakminya yang lezat. Bakmi Mbah Gito dijual dengan kisaran harga sekitar Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati teh dan berbagai jenis wedang rempah sebagai pelengkap sajian bakmi Jawa mereka. Lokasi Bakmi Mbah Gito berada di Jalan Nyi Ageng Nis Nomor 9, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Bakmi Mbah Gito buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 21.00 WIB.

 

2. Bakmi Jawa Pak Pele

Kalau lagi jalan-jalan di sekitar alun-alun Kraton Yogyakarta, jangan lupa mampir ke warung Bakmi Jawa Pak Pele ya! Lokasinya ada di sekitar Jalan Pojok Tenggara. Bakmi Jawa Pak Pele punya tiga pilihan menu Bakmi Jawa, seperti bakmi goreng, bakmi godog, dan bakmi nyemek. Nah, untuk jenis mi-nya sendiri, kamu bisa pilih antara bihun atau mie kuning. Hebatnya, warung Bakmi Jawa Pak Pele pernah dikunjungi oleh Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo lho. Artinya sudah tidak perlu diragukan lagi nih, langsung aja cobain deh! 

 

3. Bakmi Jawa Mas Timbul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mauve_Maroon (@mauve_maroon)

Di area makan Bakmi Jawa Mas Timbul, suasana nyaman tercipta berkat dominasi elemen kayu di sekitarnya. Di sini, kita bisa menikmati beragam hidangan Bakmi Jawa yang khas, mulai dari Bakmi Jawa Goreng, Bakmi Jawa Godhog, Bakmi Jawa Balungan, hingga Bakmi Jawa Udang yang menggugah selera. Yang menarik, kita juga bisa menambahkan topping sesuai selera pada bakmi Jawa yang dipesan. Pilihan toppingnya pun beragam, mulai dari paha, kepala, sayap, ati ampela, brutu, telur dadar, hingga telur ceplok. Jadi, kita bisa menyesuaikan bakmi Jawa sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing.

Di Bakmi Jawa Mas Timbul, harga satu porsi bakmi Jawa berkisar sekitar Rp 19.000. Untuk menambahkan topping pelengkap, harganya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Bakmi Jawa Mas Timbul buka dari jam 12 siang hingga tengah malam pukul 12 WIB. Jadi, kalau lagi lewat di sekitar situ, jangan ragu untuk mampir dan menikmati hidangan lezatnya! 

 

4. Bakmi Pak Rebo

 

View this post on Instagram

 

A post shared by JJJ (@jalan.jajan.jepret)

Lanjut, tidak jauh dari Alun-alun Kidul Yogyakarta, ada juga satu warung bakmi Jawa enak yang patut kamu coba. Namanya Bakmi Jawa Pak Rebo. Lokasinya ada di Jalan Brigjen Katamso, Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Yang spesial disini, kalian bisa pesan bakmi dengan kecap atau tanpa kecap sesuai selera. Bakmi Jawa Pak Rebo buka hanya pada sore hingga malam hari, mulai pukul 16.00 hingga 21.30 WIB. Dan ingat, warungnya tutup setiap Minggu dan Senin. Karena itu, nggak heran kalau tiap kali buka warung ini selalu ramai pengunjung.

5. Bakmi Jawa Pak Geno

Selanjutnya ada Bakmi Jawa Pak Geno yang berlokasi di Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.Bakmi Jawa Pak Geno adalah salah satu warung bakmi Jawa yang sudah terkenal di Yogyakarta. Mugi Lestari, pemiliknya saat ini, mengatakan bahwa warung ini sudah berdiri sejak tahun 1958. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga tengah malam pukul 24.00 WIB. Konon, Bakmi Jawa Pak Geno sering dikunjungi oleh Presiden Soeharto, nih. Nggak heran kalau tempat ini selalu ramai meskipun lokasinya terkenal hidden gem. 

 

6. Bakmi Jawa Pak Furqoni

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Makan Gaess (@makan_gaess)

Di daerah Jogokaryan, ada satu warung bakmi yang oke banget buat dicoba, namanya Bakmi Jawa Pak Furqoni. Disini Menunya lengkap banget, mulai dari aneka bakmi Jawa, mataraman, rica-rica, sampai magelangan godog juga ada. Lokasinya berada di Jalan Modang Nomor 482, di Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Warung Pak Furqoni buka setiap Senin-Sabtu mulai pukul 18.15 hingga 23.00 WIB, dan tutup di hari Minggu.

 

Nah, itu dia kumpulan warung bakmi Jawa favorit di Jogja, dari  Warung Bakmi Mbah Gito yang legendaris sampai Bakmi Jawa Pak Furqoni yang super lengkap! Buat kamu yang lagi pengen eksplor kuliner khas Yogyakarta, gak ada salahnya mampir ke salah satu dari warung-warung ini, ya! Lokasinya juga sebagian besar mudah diakses, jadi gak perlu bingung lagi cari Bakmi yang enak di Jogja! 

Paku Mas Hotel

Jl. Nogopuro No.35, Ambarukmo Yogyakarta
Phone : (0274) 489-089Whatsapp : 0818 489 089FAX : (0274) 489-089